Manfaat Utama Dari Buah Matoa

Pernahkah Anda mendengar tentang Matoa? Kebanyakan orang di Indonesia harus asing untuk mendengar buah ini. Matoa adalah buah yang berasal dari negara Papua. Buah yang kurang dikenal ini memiliki banyak manfaat. Apa Manfaat Buah Matoa Untuk Tubuh? Baca penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa itu buah matoa?
Tanaman matoa adalah spesies yang termasuk dalam keluarga Sapindaceae dan menyandang nama Latin Pometia pinnata. Matoa memiliki batang pohon setinggi sekitar 18 meter. Buah, juga dikenal sebagai Papua Longan, terlihat mirip dengan buah lengkeng. Buah matoa berhubungan dengan lengkeng, leci dan rambutan. Itu membuat rasa buah campuran dari tiga buah.

Manfaat Utama Dari Buah Matoa

Buah matoa
Ada dua jenis buah matoa di Papua. Dua jenis matoa adalah kelapa matoa dan papeda matoa. Perbedaan utama antara kedua jenis buah ini adalah tekstur buahnya.

Matoa Kelapa
Struktur buah lebih keras daripada buah rambutan
Buahnya tidak lengket
Memiliki warna hijau muda
Matoa Papeda
Struktur buah lebih lunak dan lengket
Memiliki warna hijau tua atau kemerahan
Konten buah matoa
Buah matoa mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Beberapa nutrisi penting dalam buah Matoa adalah:
Vitamin C.
Vitamin E.
Flavonoid
Saponin
Alkaloid
Manfaat Buah Matoa
Setelah mengenal sifat dan kandungan Matoa, berikut adalah beberapa manfaat buah Matoa yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

1. Menekan pertumbuhan bakteri
Telah terbukti secara ilmiah bahwa manfaat buah Matoa menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Dalam hal ini, dua senyawa utama berperan: saponin dan tanin.

Senyawa saponin memiliki sifat antimikroba karena mereka dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Gangguan ini semakin diperparah dengan adanya tanin.
Senyawa tanin dapat menekan pertumbuhan bakteri dengan menghambat enzim yang sangat penting bagi bakteri. Akibatnya, pembentukan sel bakteri terganggu. Selain itu, tanin juga dapat menyebabkan sel bakteri membusuk karena mengganggu transportasi protein di lapisan dalam sel bakteri.

2. Atasi kanker
Berbagai radikal bebas tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh dari memakan makanan dan minuman. Udara yang dihirup juga dapat memperkenalkan beberapa radikal bebas yang dapat mengurangi dan membahayakan kesehatan tubuh.
Ini bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan. Buah yang mengandung antioksidan adalah matoa. Tingkat antioksidan dalam Matoa memiliki kelebihan penting.’

Antioksidan di mata bisa menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Ini dapat mencegah beberapa kanker berkembang di dalam tubuh.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat selanjutnya dari buah matoa adalah kemampuannya menjaga kesehatan tubuh.
Ini terkait erat dengan tingkat antioksidan. Penentuan radikal bebas oleh antioksidan tidak hanya mencegah kanker, tetapi juga menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Sejumlah penyakit dapat dicegah sebelum terjadi, membuat tubuh lebih sehat dan lebih siap.

4. Mengatasi arteri koroner
Buah matoa perlu dikonsumsi, terutama bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Ini karena buah matoa juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk jantung. Jangan lewatkan efektivitas buah Matoa.

5. Atasi stres
Buah matoa adalah camilan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin E, yang penting untuk menghilangkan stres. Setiap kali Anda merasa stres, nafsu makan Anda terkadang meningkat. Cemilan buah matoa tidak menyebabkan penambahan berat badan, tetapi secara efektif mengurangi stres.

6. Mencegah jerawat
Manfaat buah matoa berikut ini bermanfaat bagi Anda yang ingin terhindar dari jerawat. Beberapa senyawa dalam buah ini memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat digunakan untuk mencegah jerawat. Jerawat diketahui disebabkan oleh bakteri pada kulit wajah. Bagi Anda yang berjerawat, makan buah ini bisa mengurangi perkembangan jerawat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>